Mellisa Nasution

Ibu (agak) muda yang senang sekali menulis dan menuangkan isi pikirannya. Memperhatikan hal-hal baru di sekeliling untuk dibagikan kepada siapapun yang membutuh...

Selengkapnya
Tips Jitu Mengajarkan Si Kecil Untuk Mulai Makan Sendiri
The woman who always tried to be a good person for everyone

Tips Jitu Mengajarkan Si Kecil Untuk Mulai Makan Sendiri

Momen saat menyuapi si Kecil pastinya adalah momen yang sangat berharga untuk bunda. Namun bunda, ada waktunya juga bunda harus melatih si kecil untuk menikmati makanannya sendiri. Karena kalau tidak dibiasakan sedini mungkin, dia akan menjadi pribadi yang kurang mandiri dan kurang percaya diri. Nah kegiatan mengajar ini bisa menjadi contoh permainan anak yang mendidik, sehingga dia menikmati dan bisa makan sendiri pada akhirnya.

Si kecil yang menginjak usia 1-2 tahun sudah bisa bunda latih untuk makan sendiri. Hal ini juga akan membantu perkembangan motoriknya, karena si kecil akan terbiasa memegang peralatan makan dan mengarahkannya ke mulutnya.

Berikut beberapa tips yang bisa bunda terapkan untuk mengajarkan si kecil makan sendiri.

  1. Berikan contoh makan secara mandiri itu seperti apa

Si kecil adalah peniru yang ulung, jadi bunda bisa memanfaatkannya untuk mengajarkannya makan sendiri. Bunda bisa membiasakan ia untuk makan bersama dan perlihatkan padanya bagaimana cara mengambil makanan dan menyuapkan makanan. Biasakan si kecil melihat pemandangan itu setiap jam makan tiba. Pasti ada saatnya ia merasa penasaran untuk melakukan apa yang bunda dan keluarga di rumah lakukan.

  1. Latihlah si Kecil untuk memegang sendok

Apabila si kecil sudah mulai tertarik untuk makan sendiri, bunda bisa mengajarkannya untuk memegang sendok, mengambil makanan menggunakan sendok, dan mengarahkannya ke mulutnya. Bunda bisa menggunakan makanan yang mudah melekat pada sendok saat melatih si kecil. Jangan lupa gunakan celemek makan agar baju si kecil tidak kotor.

  1. Jika si Kecil kesulitan menggunakan sendok, perkenalkan dengan makanan yang bisa ia makan dengan tangan

Tidak semua anak cepat menangkap apa yang orang dewasa ajarkan, begitu juga dengan buah hati bunda. Jika ia kesulitan dengan sendok makan ada baiknya bunda pelan-pelan melatihnya. Selain tetap melatihnya menggunakan sendok, bunda bisa mengajarinya untuk makan menggunakan tangan. Bunda bisa memberikan makanan yang bisa iya pegang dan makan. Tak lupa pula pakaikan ia celemek bayi agar bajunya tidak kotor terkena ceceran makanannya.

  1. Gunakan peralatan makan yang menarik minat si Kecil untuk makan sendiri

Bunda bisa menyediakan sendok lucu berkarakter kartun, tetapi tetap aman di gunakan oleh si kecil yang baru belajar makan. Dan juga bunda bisa memilih piring dengan model yang lucu untuk si kecil, tetapi tetap aman untuk digunakan. Peralatan makan yang lucu akan menarik minat si kecil untuk belajar makan sendiri. Celemek bayi yang lucu juga bisa bunda pilih, agar ia semakin semakan untuk makan sendiri. Jadinya, si kecil lagi melakukan sebuah permainan anak yang mendidik.

  1. Biasakan si Kecil makan di kursi makannya

Sebaiknya saat mengajarkan si kecil makan sendiri, bunda jangan sekali-kali memangkunya. Selian itu akan membuat bunda kesulitan untuk makan juga si kecil kesulitan untuk mengeksplore yang seharusnya ia pelajari. Jadi ada baiknya bunda membiasakan si kecil untuk makan menggunakan kursi makannya. Selain melatihnya lebih mandiri, bunda pun bisa makan dengan tenang.

  1. Bersabarlah saat melatihnya makan sendiri, jangan pula marah padanya

Namanya juga masih belajar, hasilnya pun tidak akan langsung memuaskan, pasti akan ada banyak kekurangan. Begitu pula saat si kecil belajar makan sendiri. Makanan yang belepotan di sekitar bibirnya, makanan yang tersebar di mana-mana, baju yang kotor terkena makanan adalah hal lumrah yang akan bunda temui saat mengajarkannya makan sendiri. Namun bunda tidak boleh emosi saat menghadapinya. Bunda hanya perlu menasihatinya dengan lemah lembut agar makannya lebih rapi. Bunda juga bisa mengantisipasinya dengan memasangkan celemek bayi dan juga alas khusus untuk menampung ceceran makanannya.

Dengan mengaplikasikan beberapa tips di atas bisa sangat membantu perkembangan motoriknya menjadi semakin baik. Selain itu kegiatan makan sendiri pun menjadi proses belajar yang mengasikkan. Yuk, dicoba di rumah!

Source articel:

https://www.dancow.co.id/dpc/content/semua-usia/4-nutrisi-penting-untuk-optimalkan-proses-belajar-si-kecil.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

makasih tipsnya bunda..,saya punya putri usia 3 tahun. aduh...susah banget maemnya. Menu yang dia mau hanya nasi + telur, atau nasi + ayam krispi aja. Klo maem sayur jg selalu dikeluarkan lagi..,mungkin ada tips lagi yang bisa membuat anak senang makan...+ sayur... Makasih bun...

15 Apr
Balas

Sebenarnya poin paling penting dari kegiatan makan adalah buat mereka merasa bahwa kegiatan makan adalah kegiatan yang menyenangkan, dengan apakah caranya? Pastinya dengan cara bermain. Oya, yang tidak kalah penting kalau ada makanan yang kurang disukai sama si Kecil jangan pernah paksakan. Ganti lah makanannya yang mungkin lebih disukai.

23 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali